Sunday 10 March 2013

Sekilas Akuntansi Organisasi Nirlaba

Layaknya akuntansi yang selalu diperlukan selama nadi bisnis masih berdenyut, demikian pula harusnya akuntansi organisasi nirlaba diperlukan. Selama organisasi nirlaba masih ada, akuntansi mestinya selalu diperlukan.

Meski sering disebut sebagai sektor ketiga, sektor nirlaba ternyata menjadi sektor yang paling dipercaya versi 2013 Edelman Trust Barometer. Ini berarti, sang sektor ketiga telah mengalahkan sektor pertama (pemerintah) dan sektor kedua (dunia bisnis). Walau demikian, hal ini tidak boleh menjadikan organisasi nirlaba untuk bisa langsung berpuas diri. Akuntabilitas dan transparansi terhadap para stakeholder-nya senantiasa harus dijaga agar eksistensi organisasi nirlaba dapat terus dipertahankan.

Organisasi nirlaba, bila dikelola secara amanah dan profesional, harusnya bisa makin menunjukkan perannya dalam membantu pemerintah dan dunia bisnis dalam mewujudkan masyarakat madani yang lebih sejahtera. Sayangnya, relatif belum banyak pihak yang menyadari betapa pentingnya peran organisasi nirlaba dalam meraih cita-cita mulia tersebut.

Sebagai pembuka, mungkin kita bisa mengambil hikmah dari video yang kami dapat dari youtube ini. Bahwa organisasi nirlaba tak layak dipandang sebelah mata. Bahwa majunya suatu negara salah satunya dapat dilihat dari bagaimana organisasi nirlaba berperan mendukung kemajuannya. Kelak, semoga organisasi nirlaba di negeri ini makin berjaya...




1 comment: